Minggu, 24 Februari 2013

Pelajaran dari iklan Aqua (dan Ades)

Udah lihat iklan Aqua yang edisi ultah 40 tahun? perhatikan deh di awal iklan ada adegan pemuda yang meremas botol Aqua habis minum. Sebenarnya iklan itu sedang mengajarkan kita untuk tidak membuang botol plastik dalam keadaan utuh.

Hal ini dilakukan agar:
1. botol tersebut tidak digunakan lagi untuk kepentingan lain, terutama jika digunakan untuk wadah minum oleh pihak lain, karena penggunaan berualang kali sangat tidak dianjurkan.
2. memudahkan dalam proses daur ulang di pabrik, mengurangi dimensi bentuk botol (menyusut jauh berkurang). Hal tersebut akan menghemat ruang dan botol tidak akan memakan tempat yang banyak.

 Dari info yang saya cari, kampanye ini dilakukan pertama sekali oleh ADES, kemudian diikuti oleh Aqua. Baca di mengapa-harus-meremukkan-botol-air-mineral. Namun, siapapun yang memulai kampanye ini pertama sekali, kiranya kampanye ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat Indonesia yang selalu mampu memaksimalkan penggunaan suatu benda (baca: selalu memakai sebuah benda berulang kali, hingga benda tersebut mendapat penilaian pribadi sudah tidak layak pakai).

Info:
kenapa botol kosong dianjurkan untuk diremas
jangan gunakan botol Aqua berkali - kali

Salam sehat,
Ingrid Tambun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar