Sabtu, 26 Januari 2013

Tenant Relation (TR)


Haloo Indonesia,

Kemarin saya coba mencari kata kunci ‘Tenant Relation’ dengan menggunakan mesin telusur . Hasilnya, tidak ada yang mampu menerangkan seperti apa lingkup pekerjaan TR ini. Jadi, saya akan coba membagikan pengalaman bekerja sebagai TR di tempat saya bekerja saat ini. Mungkin saja bisa membantu kamu yang membutuhkan informasi pekerjaan yang masih belum familiar dikenal saat ini.

Oke, jadi TR adalah pihak/ orang yang bertugas menjadi jembatan penghubung antara pihak manajemen mall dengan pihak tenant (penyewa) di mall tempat saya bekerja. Sebagai TR, pastinya harus mengenal dan berelasi dengan para pemilik toko, store manager, dan bahkan pegawainya. Hal ini diperlukan agar ketika mall akan mengadakan suatu kegiatan, TR dapat mengajak para tenant untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Apakah menjadi pengisi acara, sponsor acara atau bahkan memberikan promo tenant yang nantinya dapat membantu peningkatan penjualan dari tenant tersebut.

Kunjungan ke tenant adalah salah satu kegiatan TR. Selain silaturahmi, TR akan mendapat informasi mengenai keadaan tenant, kendala yang dialami tenant juga masukkan bagi mall sehingga mall dan tenant dapat sama-sama berkembang. 

Ketika ada kendala teknis di lapangan, Customer Service (CS) sebagai perpanjangan tangan TR, dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut. Hal ini berkaitan dengan koordinasi yang baik dengan departemen lainnya. Contoh: jika ada kendala kebocoran atau listrik padam di tenant, maka TR dapat menginformasikan kepada departemen operasional. Atau jika ada kendala dalam proses pembayaran, maka dapat menginformasikan ke departemen finance & accounting. Semua itu butuh penanganan segera, karena jika tidak maka aktifitas di dalam tenant akan terganggu. Tentunya juga akan mengganggu pendapatan mereka.

Di tempat saya bekerja, TR berada dalam naungan departemen Marketing & Communication. Rekan saya adalah tim Advertising & Promotion. Saya dan mereka bekerja sama dalam menyiapkan acara yang akan berlangsung selama sebulan dan dapat meningkatkan arus pengunjung. 

Hal yang menyenangkan adalah saat saya bekerja, saya berada dalam tumpukan hadiah yang nantinya akan dibagi kepada pengunjung. Saya adalah petugas yang mengatur arus masuk dan keluar hadiah. Ada rasa bahagia ketika kita dapat membagi sesuatu kepada pengunjung, walaupun kami tidak berhak atas hadiah tersebut.

Seperti saat itu, ketika kami memiliki hadiah BB yang harus dibagikan kepada pengunjung yang beruntung, rasanya bahagia sekali saat ada pengunjung yang mendapatkannya. Apalagi, saya dan tim CS saya melakukan pekerjaan dengan jujur dan baik.

Mungkin ada hal lain dari pekerjaan TR. Namun, saya akan membagikannya di postingan berikutnya.

Selamat malam,
Ingrid Tambun

10 komentar: