Selasa, 22 Januari 2013

Kasih

Siapa orang pertama di dunia ini yang mengenalkan kasih kepadamu?
Kalau saya, mama adalah orang pertama yang mengenalkan kasih. Tidak bisa diganggu gugat dialah orang pertama yang menunjukkan apa itu kasih sebelum saya tiba di dunia dan sesaat saya tiba di dunia.
Lalu, sepanjang hidup saya muncul orang - orang yang hadir dalam hidup saya yang memberikan kasih kepada saya, mengajarkan saya membagi kasih juga. Mungkin mereka hadir sesaat atau senantiasa selalu hadir dalam hari-hari saya.
Sekalipun demikian, sewaktu itu saya sempat agak terkejut ketika mama mengatakan sesuatu.
Mama bilang, sekalipun hubungan pertemananku dan teman seperjalananku -pada masanya- , HMS, telah berakhir, mama masih berdoa untuknya. Berdoa agar dia selamat dan sehat dalam menjalankan aktifitasnya. Saya terdiam.
Dan saat itu, saya tahu saya sedang diajarkan tentang kasih. Bagaimana mengampuni, karena aku telah lebih dahulu diampuniNYA. Pengajaran itu membuat saya merasakan kebebasan, selain berdamai dengan orang lain, saya juga berdamai dengan diri saya sendiri.

Apa berkat yang ditambahkan kepadamu, sekiranya kamu tidak mengampuni?
Saat itu aku katakan kepada diriku sendiri: negatif Bapa.

Salam hangat,
Ingrid Tambun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar